Sabtu, 02 Oktober 2010



Komnas HAM Periksa Senior Paskibra  

Bukti foto pelecehan paskibra yang diambil pada 2006. Dok. Pribada: Loreen Neville, Orang tua paskibra putri
TEMPO Interaktif, Jakarta -  Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Kabul Supriyadhie menyampaikan pihaknya akan memeriksa panitia acara kepaskibraan yang diduga terlibat tindakan asusila terhadap para yuniornya--pada Juli silam di Cibubur. "Saya memanggil mereka pada Senin sore (20/9) pukul 16.00 WIB di kantor Komnas HAM," ujar Kabul siang ini.
Dalam pemanggilan itu, Kabul menerangkan, dirinya akan menanyakan hal ihwal prosedur tetap (protap) dalam kegiatan itu, dan bagaimana kesesuaian pelaksanaannya. Pihaknya akan melihat apakah ada pelanggaran hak asasi kepada para calon paskibraka Jakarta angkatan 2010 atau tidak. "Kalau tidak sesuai. Maka mereka jelas harus bertanggungjawab," timpalnya.
Menurut sumber Tempo, Komnas HAM akan memeriksa senior paskibra bernama Elman dan Saskya Sabrina. Mereka akan didampingi pengacara yang ditunjuk oleh Purna Paskibraka Indonesia.
Sebelumnya, Kabul sudah mendatangi berbagai pihak terkait kasus ini. Dia sudah menemui mulai Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta, termasuk para siswa-siswi paskibraka yang menjadi korban. "Yang penting kami sudah menggali yang kami butuhkan untuk rekomendasi," kata Kabul.
Mantan Ketua Tim Investigasi Tragedi Koja ini menjelaskan, tidak ada tim khusus Komnas HAM yang dibentuk untuk menyelidiki kasus ini. Yang jelas, ditegaskan Kabul, kalau ditemukan ada pelanggaran HAM di kegiatan kepaskibraan tersebut, pihaknya tidak segan mengupayakan hukuman untuk setiap pihak yang terlibat.
Dugaan pelecehan dialami Calon Paskibraka DKI Jakarta 2010 dalam kegiatan Orientasi Kepaskibrakaan (OK) 2010 pada 2-6 Juli silam di bumi perkemahan Cibubur. Para siswi diminta jalan telanjang ke kamar mandi dua kali sehari, beberapa diantaranya ada yang ditampar. Sementara para siswa diperintahkan push-up dingin, yakni bertumpuk dalam kondisi bugil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar